Simak Bagaimana Menjaga Maag Saat Berpuasa

Menjaga kenyamanan asam lambung saat berpuasa

Simak Bagaimana Menjaga Maag Saat Berpuasa

Beberapa gejala maag yang sering muncul saat kita akan berpuasa seperti nyeri di ulu hati, mual, muntah, serta perut terasa kembung. Ada beberapa kondisi maag yang membuat pengidapnya tidak terlalu dianjurkan untuk berpuasa.

sedangkan untuk kamu yang merasa magnya, mulai kena lambung tapi ingin tetap berpuasa, maka kamu bisa nih menerapkan beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk terus meningkatkan kondisi asam lambung kamu apa saja:

  1. Perhatikan cara memasak makanan untuk kamu yang kena maag dilambung

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat atau makanan yang susah diserap oleh tubuh. Kamu hanya perlu untuk banyak mengkonsumsi makanan buah dan sayur saat sebelum makan.

2. Selain pola makan perhatikan pola minum

Kamu harus rajin meminum air putih dengan minimal kadar 8 gelas sahari atau setara dengan 2 liter air putih sehari. Banyak meminum air putih ternyata sangat penting untuk menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa. dan rutinlah meminum susu saat sebelum sahur bisa mengurangi gejala maag atau ulkus peptik.

3. Hindari makanan yang memicu maag

Salah satu inti agar tubuh selalu nyaman dan gejala maag tidak muncul adalah menghindari jenis makanan maupun minuman yang bisa memicu asam lambung naik. Pengidap maag tidak dianjurkan mengonsumsi makanan, seperti cokelat, makanan berlemak, goreng-gorengan, dan buah yang mengandung asam, contohnya jeruk, lemon, dan tomat.

Itulah sejumlah tips untuk menjaga kondisi maag kamu agar tetap terjaga dan nyaman saat kamu menjalani ibadah puasa yang hadir setiap 1 tahun sekali.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *